Shio dalam Astrologi Tionghoa

 
Sumber Foto: Kontan.co.id

INDEPHEDIA.com - Dalam astrologi Tionghoa, shio atau shengxio merupakan dua belas hewan atau binatang yang mewakili tahun, bulan dan jam tertentu. 

Pengertian lain dan perputarannya, shio adalah perhitungan tahun menurut kalender Tionghoa yang dilambangkan dengan 12 binatang.

Kedua belas simbol binatang ini terus berputar membentuk siklus 12 tahunan. Karenanya, setiap 12 tahun sekali, di tahun ke-13 simbol binatang yang sama akan muncul kembali.

Shio: 12 Lambang Binatang

Secara tradisi, ke dua belas shio dari lambang hewan itu secara berurutan, terdiri dari tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi. 

Ke dua belas lambang hewan atau binatang shio tersebut memiliki elemen alam, masing-masing tanah, kayu, api, air dan logam.

Saat ini, shio digunakan tidak hanya terbatas di kalangan Tionghoa. Shio biasanya muncul juga di kartu Tahun Baru Korea dan Tahun Baru Jepang. 

Walaupun terdapat perbedaan sebagian binatang, shio juga digunakan di negara-negara Asia yang terpengaruh dengan kebudayaan Tionghoa. 

Shio dalam Budaya China

Sudah berabad-abad lamanya mereka yang percaya shio digunakan sebagai penuntun dalam menentukan nasib kehidupan.

Dalam budaya China, bagi yang mempercayainya shio dianggap sangat penting sebagai pedoman kehidupan.

Astrologi China ini dipercaya dapat mengungkap nasib, sifat, dan hal lain yang berhubungan dengan manusia yang lahir sesuai shio yang dimiliki.

Dengan mengenal 12 shio, orang-orang Tionghoa dapat mengungkapkan berbagai rahasia kehidupan, seperti sifat dan karakter, kesehatan, karier, rezeki, hingga jodoh seseorang. 

Nama-nama Shio dan Ramalannya

Shio Tikus

Orang yang memiliki shio tikus merupakan orang yang kreatif, ambisius, hemat, cepat bertindak, murah hati dan jujur.

Shio Kerbau

Orang yang bershio kerbau cenderung keras kepala, pekerja keras, jujur dan fleksibel. 

Orang yang bershio kerbau sebagian besar senantiasa mengutamakan kesempurnaan saat bekerja, serta mengharapkan orang lain dapat berbuat hal yang sama.

Shio Macan

Orang yang terlahir dengan shio macan cenderung beruntung dalam kehidupannya. Ia memiliki bakat seorang pemimpin, berambisi untuk berprestasi, dan gemar bekerja keras. 

Selain itu, ia bijaksana dalam dunia bisnis, percintaan, dan perang. Ia juga disenangi karena kemampuannya membangkitkan semangat, murah hati dan dermawan. 

Shio Kelinci

orang yang mempunyai shio kelinci adalah orang yang pendiam, pemalu, retrospektif, dan bertenggang rasa.

Shio Naga

Orang yang mempunyai shio naga adalah orang yang idealis, perfeksionis; lahir dengan pikiran bahwa mereka itu sempurna dan tidak ingin berubah. Mereka juga sangat agresif dan penuh tekad.

Shio Ular 

Orang yang mempunyai shio ular adalah orang yang tenang dan lembut, romantis dan perseptif. Meskipun begitu, mereka rajin dan rendah hati. 

Shio Kuda

Orang yang mempunyai shio kuda adalah orang yang pintar, independen dan berpikiran bebas.

Shio Kambing

Orang yang memiliki shio kambing dalam kepercayaan Tionghoa memiliki karakter berupa kasih sayang yang lemah lembut, dewasa dan baik hati.

Shio Monyet

Orang yang bershio monyet atau kera dipercaya sebagai orang yang cerdas, cerdik, eksentrik, dan mudah bergaul.

Shio Ayam

Orang yang mempunyai shio ayam adalah orang yang giat bekerja dan selalu pasti mengenai keputusan mereka. 

Mereka tidak takut untuk menyatakan apa yang ada dalam pikiran mereka dan sangat percaya diri juga perfeksionis.

Shio Anjing

Orang yang mempunyai shio anjing adalah orang yang sangat setia, jujur, dan dapat dipercaya, tetapi juga bisa sabar dan merawat. 

Mereka merupakan pemimpin, pekerja keras, berdedikasi sehingga sering sukses dalam berbisnis skala besar.

Shio Babi

Orang yang mempunyai shio babi adalah orang yang jujur, toleran dan merupakan sahabat yang baik. 

Namun, mereka juga sering mengharapkan hal yang sama dari orang lain dan mereka bahagia melakukannya. Mereka juga sangat percaya kepada orang lain sehingga sukses berbisnis. (*)

Buka Komentar
Tutup Komentar
No comments:
Write comment

Siapapun boleh berkomentar, tetapi secara bijaksana dan bertanggung jawab. Biasakan berkomentar dengan nama yang jelas. Berkomentar dengan UNKNOWN atau SPAM akan dihapus. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab individu komentator seperti yang diatur dalam UU ITE (Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik) maupun perundang-undangan yang berlaku.

Back to Top